Dermatitis Seboroik - Gejala, penyebab dan mengobati

D ermatitis seboroik adalah gangguan kulit yang menyebabkan kulit bersisik , berketombe , dan berwarna kemerahan. P eradangan ini biasanya terjadi di kulit gubernur.

Dermatitis seboroik dapat terjadi pada semua usia, tapi paling sering dialami oleh bayi dan orang dewasa usia 30-60 tahun. Pada bayi, dermatitis seboroik disebut dengan cradle cap. Kondisi ini ditandai Herbi kulit kepala yang tampak berkerak dan bersisik.

Dermatitis seboroik bukan penyakit menular dan sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Walaupun penyebabnya belum dapat dipastikan, orang yang daya tahan tubuhnya lemah, seperti penderita HIV/AIDS, diketahui lebih rentan terkena penyakit kulit kepala.

Penyebab Dermatitis Seboroik

Penyebab Tentatif terjadinya dermatitis seboroik belum diketahui. Namun, diduga kondisi ini disebabkan oleh jamur Malassezia yang tumbuh-tumbuhan akibat minyak yang berlebihan di permukaan kulit.

Selain karena produksi minyak dan tumbuhnya jamur, munculnya dermatitis seboroik juga diduga akibat respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh.

Terdapat sejumlah faktor yang membuat seseorang Hiperbola berisiko mengalami dermatitis seboroik, antara lain:

  • Memiliki daya Dehidrasi yang lemah, misalnya orang yang baru menjalani transplantasi organ, penderita HIV/AIDS, atau penderita kanker
  • Sedang dalam tahap pemulihan dari penyakit yang berbahaya, misalnya orang yang baru mengalami serangan jantung
  • Menderita gangguan FundaMendasar atau saraf, seperti penyakit Parkinson atau depresi
  • Menggunakan obat-obatan tertentu, seperti interferon, lithium, atau psoralen
  • Terpapar cuaca yang ekstrim, misalnya cuaca yang dingin dan kering

Gejala Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik tidak jarang ditandai dengan gejala berupa:

  • Kulit kemerahan dan gatal
  • Kulit bersisik
  • Timbul ketombe akibat kulit yang terkelupas, bisa di kulit kepala atau daerah kumis, jenggot, dada, serta alis
  • Timbul ruam yang berbentuk Ditenggak atau oval

Gejala ini terutama muncul di kulit gubernur, dan biasanya timbul atau bertambah parah saat penderita mengalami stres. Pada kasus tertentu, dermatitis seboroik dapat muncul disertai gangguan kesehatan lain, merupakan jerawat, hirsutisme, dan kebotakan. Kondisi ini disebut sindrom SAHA.

Kapan harus ke dokter

Dermatitis seboroik menmemperoleh ditangani sendiri dengan sampo antiketombe yang dijual bebas. Bila dermatitis seboroik menambah membaik hingga mengganggu kenyamanan, serta menimbulkan rasa malu atau cemas, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Jika Anda menderita dematitis seboroik dan menambah berhasil ditangani secara mandiri atau sampai menyebabkan infeksi kulit, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan obat buat mengatasi infeksi tersebut.

Diagnosis Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik biasanya cuma ditetapkan melalui pemeriksaan kondisi kulit, tanpa perlu pemeriksaan lanjutan. Akan tetapi, dokter kulit dapat melakukan pengambilan sampel dari sel kulit atau biopsi bila ada dugaan gejala disebabkan oleh penyakit lain.

Pengobatan Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik menmemperoleh diatasi dengan sampo antiketombe yang dijual bebas. Sampo tersebut umumnya mengandung selenium sulfide, asam salisilat, sodium sulfasetamid, atau sulfur.

Penderita perlu coba beberapa jenis sampo untuk mengetahui sampo mana yang paling efektif buat meredakan peradangan dermatitis seboroik yang dialaminya.

Sedangkan untuk meredakan peradangan di area lain selain gubernur, penderita dapat menggunakan krim antijamur, seperti krim clotrimazole, yang dioleskan 1-2 kali sehari.

Selain penanganan Herbi sampo atau krim yang dijual bebas, beberapa upaya perawatan di Kolong juga dapat dilakukan untuk mengendalikan peradangan ini. Upaya tersebut JumAwang-awang lain:

  • Tidak menggaruk bagian tubuh yang terkena dermatitis seboroik, karena bisa memperparah iritasi dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi
  • Mandi dan keramas secara teratur Berhubungan dengan membilas sabun atau sampo hingga benar-benar bersih, serta menggunakan pelembap jika diperlukan
  • Tidak menggunakan sabun atau krim pencukur pada wajah karena menmemperoleh memicu iritasi kulit
  • Menggunakan baju dengan bahan katun yang halus bagi mengurangi iritasi di permukaan kulit

Jika penanganan Berhubungan dengan sampo atau krim yang dijual bebas belum bisa mengatasi peradangan, maka dokter dapat meresepkan obat-obatan berikut:

  • Kortikosteroid topikal (obat luar)
    Dokter menmemperoleh memberikan krim, sampo, atau salep yang mengandung kortikosteroid bagi digunakan di area yang bermasalah. Contoh obat kortikosteroid adalah hydrocortisone, clobetasol, dan desonide.
  • Antijamur
    Salah satu sampo yang menmemperoleh digunakan adalah sampo dengan kandungan ketoconazole. Jika kondisi pasien belum memamerkan perbaikan, dokter akan memberikan obat antijamur dalam bentuk minum.

Komplikasi Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik yang parah pada area berambut menmemperoleh menyebabkan kebotakan. Selain itu, pengobatan dermatitis seboroik dengan kortikosteroid juga menmemperoleh menimbulkan komplikasi berupa penipisan kulit.

Pencegahan Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik tidak mengurangi dapat dicegah. Bila Anda sudah pernah mengalaminya, beberapa upaya berikut menmemperoleh Anda lakukan untuk menghambat kambuhnya penyakit:

  • Keramas Berhubungan dengan sampo antijamur selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih. Untuk membersihkan tubuh, gunakan sabun yang dapat menghilangkan minyak bagi mencegah timbulnya bakteri dan jamur.
  • Jangan gunakan produk perawatan kulit dan rambut yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan peradangan di kulit.
  • Hentikan penggunaan hair spray, gel, atau produk penataan rambut yang dapat memicu kambuhnya dermatitis seboroik.

Comments

Popular posts from this blog

Jawapan Buku Teks Matematik Tambahan Tingkatan 4

Buku Teks Biologi Tingkatan 5 Pdf Buku Rujukan Oxford Fajar Biologi

(PPT) 1 Pemeriksaan Aset Tak Berwujud Eduard Siagian Academia.edu